Rabu, 27 Januari 2016

JAVA NETBEANS - Tutorial Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Sederhana - Part 3 - Simpan ke MySQL



JAVA NETBEANS - Tutorial Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Sederhana - Part 3 - Simpan ke MySQL


Hallo sababat bloger, gimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya sobat. Dan semoga masih tetap semangat. Ok, kalo ini saya akan melanjutkan tutorial yang sebelumnya, yaitu “JAVA NETBEANS -Tutorial Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Sederhana-Part 2 - Disain Form”. Dan sekarang saya akan membahas lajutannya yaitu saya beri judul “JAVA NETBEANS - Tutorial Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Sederhana-Part 3 - Simpan ke MySQL”. Judulnya lumayan panjang ya sobat. Hehehehe...., :d. Disini pada tutorial ini, kita akan menyinggung sedikit tentang CRUD dan JDialog.

Ok, mungkin sebagian anda belum tahu apa itu CRUD dan Jdialog?! CRUD adalah singkatan dari “Create, Read, Update dan Delete”. Dan Jdialog adalah sebuah sebuah class java yang hampir sama dengan form. Namun di tutorial bagian ke 3 ini hanya akan menjelaskan tentang Create(menginputkan) data saja dulu.

Hmmmmm......, mungkin sebagian anda bingung dengan penjelasan saya diatas ya...??? hehehe..... daripada bingung, berikut langsung saja ke langkah-langkah JAVA NETBEANS - Tutorial Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Sederhana - Part 3 - Simpan ke MySQL, dimana saya disini menggunakan JDialog, dan berikut langkah-lagkahnya :


1. Pastikan anda sudah membaca tutorial sebelumnya disini.

2. Kemudian, silahkan anda buka lagi project anda yang kemarin “Aplikasi_Perpustakaan_Sederhana”, dan kemudian pada bagian package “form”, silahkan anda klik kanan, pilih “New – Other”. Karena pada pilihan “New” anda belum ada “Jdialog-nya”, makanya anda disuruh ke “Other”. seperti gambar berikut :



3. Setelah itu akan ada akan ada tab “New File”, dan silahkan ikuti seperti gambar berikut :

 4.Setelah itu, pada tab “New Jdialog Form” Silahkan ikuti langkah seperti gambar berikut :

5. Maka akan ada Form baru pada package “form” anda, yaitu “form_entry_buku” dengan type “JDialog”. Dimana form ini berfungsi untuk CRUD “Create(menginputkan), Read(membaca), Update(Memperbaharui), Delete(Menghapus)” data buku. Kurang lebih hasilnya seperti gambar berikut :



6. Kemudian silahkan anda disain “form_entry_buku” hingga seperti berikut ini : 



7. Kemudian silahkan anda tambahkan sebuah class baru pada package “form” anda, dengan nama “konkesi_mysql”. Jika sudah menambahkan class koneksi_mysql, maka pada project anda akan seperti ini : 

8. Kemudian silahkan ketikkan kode pada class “koneksi_mysql” seperti gambar berikut :


Pastikan anda sudah membuat databasenya di MySQL. Kalau belum, silahkan anda baca artikel sebelumnya disini. 
9. Setelah itu, silahkan anda tambahkan juga library “MySQL JDBC Driver” dengan cara klik kanan pada libraries anda, pilih “Add Library”.


10.Setelah itu, silahkan pilih “MySQL JDBC Driver”. Seperti gambar berikut :



11. Kemudian silahkan kembali ke “form_utama” dan di bagian form_utama, pada tab “Data Buku”, pada tombol “Edit Data Buku” silahkan anda isikan koding dengan cara sebagai berikut : 

 12. Kemudian pada tombol “Edit Data Buku” silahkan isikan koding seperti gambar berikut :

 13. Setelah itu, silahkan anda buka “form_entry_buku”. Pada Form Entry Buku, pada tombol “Simpan”, silahkan anda isikan koding simpan ke database MySQL sebagai berikut :



14. Sekarang coba anda jalankan program anda dengan mengklik tombol “Run Project”.

15. Pada saat program jalan, pada form utama, silahkan anda pilih tab “Data Buku” kemudian silahkan anda klik tombol “Edit Data Buku” dan silahkan anda cobakan isikan data sesuai keinginan anda. Setelah itu, silahkan anda cobakan klik tombol simpan. Jika berhasil, maka hasilnya akan seperti ini :



Apakah anda masih bingung? Hehehehe...., kalo masih bingung silahkan download databasenya disini. dan bagi anda yang ingin SourcecCode yang sudah jadinya, silahkan download disini
Bagi anda yang masih bingung, saya akan mengupload videonya secepatnya.
Sekian dari saya tentang JAVA NETBEANS - Tutorial Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Sederhana-Part 3 - Simpan ke MySQL, untuk bisa bertanya-tanya tentang Pemrograman Java, silahkan gabung disini di group FB Forum Programer Java dan PHP Indonesia. Untuk sahabat-sahabat bloger yang ingin tahu tips-tips Cara Cepat Mahir Pemrograman java, silahkan klik disini.
Penutup dari saya, Salah dan kuranngnya dalam tutorial ini, saya mohon ma’af, karena tutorial tentang pembuatan Aplikasi Perpustakaan ini saya buat hanya untuk referensi saja, dan bagi anda  yang sudah mendownload SourceCode-nya, anda boleh mengembangkannya secara bebas.
Sekian dari saya, dan termiakasih telah berkunjung.
Load disqus comments

0 komentar