Selasa, 26 Januari 2016

JAVA NETBEANS – Cara Menambah Komponen Baru Pada Java Netbeans






Halo para sahabat blogger, gimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya...! Ok, pada kesempatan kali ini, bagi anda yang belum tahu Cara Menambah Komponen baru pada java netbeans, misalkan menambahkan komponen JCalender Pada Java Netbeans, disini saya akan membagikan tutorial Cara Menambah Komponen JCalender Pada Java Netbeans. Ok, tanpa basa-basi lagi, berikut saya jelaskan Cara Menambah Komponen JCalender Pada Java Netbeans, berikut langkah-langkahya :

1. Pertama sekali, silahkan anda download terlebih dahulu component Jcalnder disini.
2. Silahkan anda buka netbeans anda.
3. Setelah Netbeans anda terbuka, pada bagian Menu Bar, silahkan anda klik “Tools-Palette-Swing/AWT Components”.


4. Setelah itu akan tampil tab “Palette Manager”.
5. Kemudian pada tab “Palette Manager”, silahkan anda klik “New Category”.

6. Setelah itu, akan tampil tab “New Palette Category”.
7. Pada tab “New Palette Category”, silahkan anda isi nama Categori terserah anda. Pada contoh ini, saya akan memberi nama Categori baru dengan nama “Kalender”.

8. Setelah anda menambahkan Categori “Kalender” maka pata tab “Palette Category” akan ada categori baru dengan nama “Kalender”.

9. Setelah itu, masih pada tab “Palette Manager”, silahkan anda klik.

10. Kemudian, silahkan anda cari file “jcalencer-1.4” yang anda download tadi, kemudian klik “Next”.

11. Maka akan tapil tab “Install Component to Palette”, kemudian silahkan anda blok semua komponen yang tampil dengan cara menekan tombol “ctrl+A”, setelah semua ter-block, silahkan anda klik “Next”. 

12. Kemudian pata tab selanjutnya, pada bagian “Palette Categori” silahkan anda pilih “Kalender”. Setelah anda memilih Categori “Kalender” silahkan anda klik “Finish”.

13. Setelah anda “Finish” maka akan Componenr baru anda sudah bertambah pada Categori “Kalender” yang anda buat tadi. Kemudian pada tab “Palette Manager” clik “close”.


14. Untuk melihat komponen-komponen yang baru anda tambahkan tadi sudah ada, silahkan anda buat “Project” baru, kemudian buatlah sebuah “Form” baru, Maka pada bagian “Palette” yang dibagian kanan Netbeans anda, akan ada Categori “Kalender” yang didalamnya terdapat Komponen-komponen yang baru anda tambahkan tadi. Kurang lebih hasilnya seperti gambar berikut :

Nah, untuk menambahkan Component-component yang lain, caranya hampir sama dengan cara-cara di atas. Anda hanya memerlukan mencari component-component tambahan yang anda butuhkan di internet.

Sekian tutoria dari saya, semoga bermanfaat. Salah dan kurangnya saya mohon ma’af, dan bagi anda yang ingin membaca artikel lainnya tentang "Kumpulan Tutorial Pemrograman Java", silahkan klik disini.
Load disqus comments

0 komentar