Senin, 25 Januari 2016

JAVA NETBEANS - Tutorial Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Sederhana-Part 1-Disain Database

JAVA NETBEANS - Tutorial Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Sederhana-Part 1-Disain Database

 

Halo para sahabat blogger, seperti biasa, ane sapa dulu! Gimana kabarnya...., semoga baik-baik saja ya sahabar blogger!. Ok, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan/sharing tentang Tutorial Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Sederhana-Part1-Disain Database, dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, dan media Editornya masih menggunakan Netbeans.

Ok, tanpa basa-basi lagi, kita langsung saja ke tutorialnya. Dimana pada tutorial ini tentang Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Sederhana-Part1-Disain Database, dimana pada pembuatan apliaksi ini saya hanya menggunakan Batabase MySQL, dimana Database tersebut terdiri dari 3 Tabel. Yaitu ada tabel buku, tabel mahasiswa, dan tabel peminjaman.

Ok, berikut langkah-langkah pembuatannya :
1.          Pastikan anda sudah menginstall aplikasi XAMPP. Kalau belum, silahkan anda download dulu aplikasi XAMPP nya di internet, dan installkan pada komputer anda. Untuk mengetahui cara menginstall aplikasi XAMPP, silahkan klik disini.
2.     Pastikan juga anda sudah menginstall aplikasi Java Delvelopment Kit (JDK). Disini saya menggunakan JDK versi 7.
3.          Setelah itu, pastikan juga anda sudah menginstall aplikasi Netbeans IDE pada Komputer anda. Disini saya menggunakan Netbeans versi 8.0.2. Untuk mengetahui cara menginstall JDK, dan Netbeans, silahkan klik disini.
4.     Setelah langkah sampai 3 sudah dilakaukan, silahkan anda buat database MySQL nya di PHPMyAdmin dengan nama “perpustakaan”. Untuk mengetahui cara membuat database MySQL di PHPMyAdmin, silahkan klin disini.
5       Ssetelah itu, buatlah tabel 3 tabel seperti gambar berikut :
a) tb_buku
Tabel ini berfungsi untuk menyimpan data-data buku.

b) tb_mahasiswa
Tabel ini berfungsi untuk menyimpan data-data mahasiswa.
c) tb_peminjaman
Tabel ini berfungsi untuk menyimpan data-data peminjaman.


6.      Jika sudah, kita akan lanjut ke tahap ke 2, yaitu JAVA NETBEANS - Tutorial Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Sederhana-Part2-Disain Form. Untuk melohat tutorial lanjutan tentang ini, yaitu tentang Disain Form Utama,

Apakah anda masih bingung? Hehehehe...., kalo masih bingung silahkan download databasenya. dan bagi anda yang ingin SourcecCode yang sudah jadinya, silahkan download

Sekian dari saya tentang JAVA NETBEANS - Tutorial Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Sederhana-Part1-Disain Database, untuk bisa bertanya-tanya tentang Pemrograman Java, silahkan gabung disini di group FB Forum Programer Java dan PHP Indonesia. Untuk sahabat-sahabat bloger yang ingin tahu tips-tips Cara Cepat Mahir Pemrograman java, silahkan klik disini.

Penutup dari saya, Salah dan kuranngnya dalam tutorial ini, saya mohon ma’af, karena tutorial tentang pembuatan Aplikasi Perpustakaan ini saya buat hanya untuk referensi saja, dan bagi anda  yang sudah mendownload, anda boleh mengembangkannya secara bebas.

Sekian dari saya, dan termiakasih telah berkunjung...

Load disqus comments

0 komentar